Kitab suci umat Islam adalah Al-Qur﮲an. Al-Qur﮲an adalah wahyu Allah SWT yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW berbahasa Arab. Al-Qur﮲an juga merupakan salah satu mu’jizat nabi Muhammad yang terjaga keasliannya dari dahulu sampai sekarang, dan bahkan sampai kiamat nanti.
Sebagai umat muslim, membaca Al-Qur﮲an merupakan sebuah ibadah. Ibadah tertinggi yang berupa bacaan adalah membaca Al-Qur﮲an. Membaca Al-Qur﮲an ada yang murni diniati ibadah, ada yang diniati pahalanya untuk orang meninggal dan ada juga yang diniati ibadah sekaligus pahalanya untuk orang meninggal. Di kalangan warga NU terdapat tradisi yang disebut dengan yasinan. Yasinan adalah membaca surat Yasin dan ḍikir-ḍikir yang pahalanya dihadiahkan kepada orang yang sudah meninggal.
Di kegiatan yasinan tersebut ada yang dihadiri laki-laki saja, wanita saja, dan ada pula yang dihadiri laki-laki dan wanita. Dari sini timbul suatu masalah, yaitu wanita yang haid juga ikut yasinan dan ikut memegang buku Yasin. Sebagian orang beranggapan bahwa wanita haid boleh memegang buku Yasin yang ada terjemahnya. Bolehkah wanita haid memegang buku Yasin yang ada terjemahnya? Mari kita ketahui dahulu perbedaan tafsir dan terjemah.
Perbedaan tafsir dan terjemah:
Tafsir adalah penjelasan ayat-ayat Al-Qur﮲an; keadaannya, kisah-kisahnya, sebab-sebab ayat diturunkan, hukum-hukum, mengetahui nasikh mansukh dll.
Terjemah adalah merubah bahasa dari sebuah bahasa ke bahasa lain.
Hukum wanita haid membawa dan memegang buku Yasin yang ada terjemahnya adalah tidak boleh karena terjemah cuma alih bahasa, bukan tafsir. Wanita yang haid boleh ikut yasinan tetapi tidak boleh memegang atau membawa buku Yasin dan membacanya (tanpa memegang buku Yasin) dengan niat ḍikir, bukan berniat membaca Yasin (Al-Qur﮲an).
Referensi:
الترجمة تكون بمعنى نقل الكلام من لغة إلى أخرى والناقل ترجمان (حاشيه الشهاب علي تفسير البيضاوي ج 2 ص 30)
الترجمة نقل الكلام من لغة إلى أخرى ويقال: ترجم كلامه إذا فسّره بلسان آخر (محاضرات في علوم القرآن ص234)
التفسير: في الأصل هو الكشفُ والإظهار، وفي الشرع: توضيحُ معنى الآية وشأِنها وقصَّتِها والسبب الذي نزلت فيه بلفظ يدلُّ عليه دلالة ظاهرة. (التعريفات الفقهية ص59)
وَقَالَ الزَّرْكَشِيُّ: التَّفْسِيرُ عِلْمٌ يُفْهَمُ بِهِ كِتَاب اللَّهِ الْمُنَزَّل عَلَى نَبِيِّهِ مُحَمَّدٍ ﷺ وَبَيَان مَعَانِيهِ وَاسْتِخْرَاج أَحْكَامِهِ وَحِكَمِهِ وَاسْتِمْدَاد ذَلِكَ مِنْ عِلْمِ اللُّغَةِ وَالنَّحْوِ وَالتَّصْرِيفِ وَعِلْمِ الْبَيَانِ وَأُصُولِ الْفِقْهِ وَالْقِرَاءَاتِ وَيحْتَاجُ لِمَعْرِفَةِ أَسْبَابِ النُّزُولِ وَالنَّاسِخِ والمنسوخ (الإتقان في علوم القرآن ج 4 ص 195)
أما تَرْجَمَة الْمُصحف الْمَكْتُوبَة تَحت سطوره فَلَا تُعْطِي حكم التَّفْسِير بل تبقى للمصحف حُرْمَة مَسّه وَحمله (نهاية الزين ص33)
ولا مع تفسير زاد ولو احتمالا (قوله: ولا مع تفسير) أي ولا يحرم حمل المصحف مع تفسيره ولا مسه. وقوله: زاد أي على المصحف يقينا. أما إذا كان التفسير أقل أو مساويا أو مشكوكا في قلته وكثرته فلا يحل (إعانة الطالبين ج 1 ص 82)
يكره حمل التفسير ومسه إن زاد على القرآن وإلا حرم، وتحرم قراءة القرآن على نحو جنب بقصد القراءة ولو مع غيرها لا مع الإطلاق على الراجح، ولا يقصد غير القراءة كردّ غلط وتعليم وتبرك ودعاء (بغية المسترشدين ج 1 ص 49)
تَنْبِيه يحل لمن بِهِ حدث أكبر أذكار الْقُرْآن وَغَيرهَا كمواعظه وأخباره وَأَحْكَامه لَا بِقصد قُرْآن كَقَوْلِه عِنْد الرّكُوب {سُبْحَانَ الَّذِي سخر لنا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقرنين} أَي مطيقين وَعند الْمُصِيبَة {إِنَّا لله وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُون} وَمَا جرى بِهِ لِسَانه بِلَا قصد فَإِن قصد الْقُرْآن وَحده أَو مَعَ الذّكر حرم وَإِن أطلق فَلَا (الإقناع في حل ألفاظ أبي شجاع ج 1 ص 100)
@sorotan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar